quotes

if you believe you can do it, you can do it
tataplah ke depan, percayalah akan masa depan yang pasti akan datang
tidak bisa bukan hal yang memalukan, yang memalukan adalah tidak mau mencobanya meskipun tahu tidak bisa

November 03, 2011

mental aritmatika dan sempoa

Mental aritmatika terdiri dari dua kata, yaitu mental dan aritmatika. Mental merupakan kata sifat yang berasal dari bahasa inggris yang berarti sesuatu yang berkaitan dengan jiwa, batin, dan rohani. Dalam arti luas, bisa dikatakan sesuatu yang abstrak. Kemudian aritmatika berasal dari bahasa Yunani aritmatike, yang berasal dari dua kata, yaitu aritmos yang berarti angka/bilangan dan techne yang berarti ilmu pengetahuan. Dalam bahasa inggris kata ini menjadi arithmetic yang berarti ilmu hitung atau dalam bahasa arab sering kita sebut dengan hisab, yaitu cabang dari matematika yang berkenaan dengan sifat dan hubungan bilangan-bilangan nyata dan dengan perhitungan mereka terutama menyangkut penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. (Dali S Naga, 1980)
Jadi mental aritmatika dalam pengertian ini adalah ilmu hitung di luar kepala. Perhitungan mental aritmatika terdiri dari perhitungan hanya menggunakan otak manusia, tanpa bantuan dari kalkulator, komputer, atau pena dan kertas. Orang menggunakan perhitungan mental ketika alat komputasi tidak tersedia, ketika lebih cepat dari cara perhitungan lain (misalnya metode konvensional seperti yang diajarkan di lembaga pendidikan), atau dalam konteks kompetisi. Perhitungan mental aritmatika biasanya digunakan dengan teknik-teknik khusus yang dirancang untuk masalah tertentu. (en.wikipedia.org)
Salah satu alat yang digunakan dalam belajar mental aritmatika adalah sempoa. Sempoa sudah ada sekitar 2400 SM di Babilonia. Kata sempoa berasal dari Cina (Suan-pan), belakangan alat ini lebih terkenal dengan nama sempoa, sebagai alat hitung yang berasal dari Cina (Tiongkok), yaitu sekitar tahun 300 SM. Dalam bahasa inggris, sempoa dikenal dengan abacus. Kata abacus sendiri berasal dari bahasa latin abakos yang bersumber dari kata abax yang berarti tabel perhitungan. Sedangkan di Jepang, sempoa dikenal dengan nama soroban. Alat ini banyak digunakan oleh para pedagang karena sangat memudahkan dalam perhitungan.
Mental aritmatika merupakan suatu ilmu yang mempelajari cara berhitung (tambah, kurang, kali, dan bagi) melalui alat yang dinamakan sempoa, kemudian dalam perkembangan selanjutnya operasi hitungan cukup dibayangkan secara mental di dalam otak seperti menggerakkan sempoa. Sehingga ketika sudah mempunyai kemampuan seperti ini, akan mampu menyelesaikan soal perhitungan dalam tempo yang lebih cepat dari kecepatan kalkulator. (id.wikipedia.org)

No comments:

Post a Comment